Ads 468x60px

Dana Hangus : Salah Satu Alasan Kenapa Asuransi Syariah Lebih Menguntungkan Dibandingkan Asuransi Konvensional


Pada asuransi konvensional ada dana hilang atau dana hangus. Misalnya pada produk dwiguna, apabila pemegang polis berhenti atau tidak mampu meneruskan pembayaran premi, terutama pada tahun-tahun awal perjanjian, premi yang sudah disetorkan seluruhnya menjadi hangus dan dana tersebut seluruhnya menjadi pendapatan perusahaan asuransi. Hal ini tentu saja sangat merugikan bagi peserta asuransi konvensional.

Dalam asuransi syariah, untuk produk yang serupa dengan dwiguna tidak terjadi dana hangus seperti yang terjadi pada asuransi konvensional, karena dari setiap premi yang dibayar, peserta asuransi langsung mengetahui alokasi dananya. Sebagian tetap menjadi milik peserta dalam bentuk dana investasi, sebagian menjadi milik peserta secara kolektif dalam bentuk dana tabarru’, dan sebagian menjadi milik perusahaan sebagai biaya pegelolaan. Setiap saat peserta asuransi dapat mengetahui jumlah dana investasi yang dikelola perusahaan dan dana tersebut akan dikembalikan beserta hasil investasinya kepada peserta asuransi jika suatu saat memutuskan untuk berhenti.

2 komentar:

  1. ternyata asuransi syariah memiliki kelibihan seperti iyu. terimakasih untuk infonya.

    BalasHapus
  2. Tadi dikatakan dana tabarru? Sebenarnya dana tabarru itu tidak dapat diambil lagi. Kalau premi dsri tabarru otomatis dana yang sudah diberi tidak dapat diambil lagi.

    BalasHapus