Ads 468x60px

Ganglion, Benjolan yang Sering Dikira Tumor


Jangan keburu panik bila menemukan benjolan di tubuh anak, terutama di tangan dan kaki. Siapa tahu cuma ganglion.

Buat kebanyakan orang, istilah ganglion memang masih asing di telinga. Tak sedikit awam mengira ganglion adalah penyakit yang mematikan seperti halnya kanker atau tumor. Kebanyakan karena melihat tanda-tanda kemunculan ganglion yang mirip tumor atau kanker, yaitu berupa benjolan di tubuh. Padahal, ganglion bukanlah penyakit yang menakutkan dan mematikan. Sekalipun dibiarkan hingga bertahun-tahun, penderitanya tetap sehat dan tak akan mengalami sesuatu yang negatif. Malah, lama-lama ganglion bisa hilang dengan sendirinya tanpa kita sadari. Walau begitu, untuk memastikannya, penderita tetap harus diperiksakan ke dokter.
Ganglion bisa terjadi pada siapa saja, dari anak-anak hingga orang dewasa. Kemunculannya disebabkan kebocoran pada pembungkus cairan sendi. Cairan ini sebetulnya berfungsi melumasi sendi sehingga tidak merusak tulang rawan saat ada gerakan. Cairan pelumas yang bocor ini kemudian membentuk gelembung, seperti kapsul, yang mendesak kulit sehingga tampaklah benjolan di permukaan kulit.
Banyak faktor yang menyebabkan bocornya pembungkus cairan sendi, tetapi yang paling sering adalah trauma atau benturan. Cairan pelumas juga terdapat pada tendon atau urat yang menggerakkan tulang. Jika kapsul atau pembungkus pelumas tersebut bocor, maka bisa timbul ganglion. Robeknya pembungkus pelumas mirip dengan penyebab bocornya cairan sendi. 

CIRI-CIRI GANGLION
Nah, untuk mengetahui benjolan tersebut adalah ganglion atau bukan, mudah saja. Benjolan pada ganglion berdiameter paling besar ± 1-2 cm. Kalau dipegang terasa kenyal, dan semakin besar semakin keras. "Jadi, awalnya lembek dan kenyal, tapi semakin lama ganglion dibiarkan akan semakin keras," ungkap dr. Ifran Saleh, FICS, DSBO dari bagian Orthopedi RSUPN Cipto Mangunkusumo, Jakarta. Namun jika terantuk atau tertekan, ben-jolan berisi cairan ini bisa pecah. Karena itulah, ganglion bisa hilang dengan sendirinya tanpa disadari. "Cairannya sendiri tidak berbahaya. Itu, kan, cairan tubuh si penderita. Jika pecah, tentu cairan tersebut diserap kembali oleh tubuh."
Bagian tubuh yang kerap disemayami ganglion adalah sekitar tulang-tulang kecil di tangan dan kaki baik bagian dalam, punggung, maupun pergelangannya. Di situlah daerah sendi dan tendon yang sangat rawan mengalami kebocoran pelumas. 

OPERASI DAN SEDOT CAIRAN
Kendati ganglion tak berbahaya dan dapat hilang sendiri sekalipun dibiarkan. Akan tetapi jika penderita sudah merasa tak nyaman atau sakit lantaran benjolan ini, jangan biarkan hingga pecah sendiri. Jelas, meski keluhannya tak akan menimbulkan efek yang membahayakan, si penderita akan risih juga. "Jadi lebih baik segera periksa ke dokter orthopedi untuk dilakukan penanganan," anjurnya.
Jenis penanganan ganglion ada dua cara. Pertama, disuntik untuk mengeluarkan cairan tersebut dan memberinya obat supaya tak timbul lagi. Kedua, dengan cara operasi untuk mengambil benjolan tersebut hingga ke akar-akarnya dan anak-anaknya. "Biasanya ganglion yang besar mempunyai ganglion kecil-kecil di sekitarnya yang harus diambil supaya tidak sempat membesar."
Seperti halnya penanganan dalam dunia medis pada kasus-kasus lainya, ganglion pun punya risiko, yaitu tumbuh kembali. "Jika operasinya tidak sempurna, dalam arti pengambilan anak-anak dan akar ganglion tidak bersih, tentu ganglion yang tertinggal akan tumbuh menjadi besar."
Begitu juga dengan cara suntik, "Jika obat yang dimasukkan tak mampu menutup celah yang menjadi timbulnya ganglion, maka ganglion baru akan muncul kembali di tempat yang sama." Biasanya dokter akan mengajukan pilihan cara penanganan dengan suntik pada pasien. Bila tidak sukses, barulah dilakukan operasi.

GANGLION TIDAK TERJADI BILA...
Perlu diketahui, kekuatan atau elastisitas kapsul maupun pembungkus cairan pelumas sendi dan urat, berbeda pada setiap orang. Tak heran bila ada orang yang sering jatuh tetapi tidak mengalami ganglion, sementara yang jarang jatuh justru mengalami ganglion. Contohnya anak yang memiliki elastisitas tinggi karena rajin berolahraga, walau sering jatuh tak terjadi kebocoran pada pembungkus cairan pelumas sendi dan uratnya.
Ketidakmunculan ganglion setelah benturan bisa jadi disebabkan pembungkus pelumasnya tetap robek. Tetapi karena robekannya besar, maka tidak ada faktor yang bisa membuat pelumas tersebut menggelembung dan mendesak kulit. Cairan tersebut menyebar begitu saja dan diserap kembali oleh tubuh.
Gazali Solahuddin. Ilustrator: Pugoeh
(Nakita)

17 komentar:

  1. salam kenal,saya riri,,,,dekat pergelangan tangan kanan saya ada benjolan yg sdh sekitar 2thn tidak hilang , tidak ada rasa sakit,tapi jika diraba bentukx tidak cair tapi padat dan keras.apakah ini jika dibiarkan akan berbahaya.....trimakasih

    BalasHapus
  2. Untuk benjolan tersebut memang benar rini menderita penyakit ganglion (sama seperti saya) tidak berbahaya klo dibiarkan TP efek lain dari penyakit tsb bisa ilang dgn sendirinya, bahkan bisa jadi lebih besar, namun dalam jangka waktu yg lama. Klo saya solusinys malalui jalur operasi

    BalasHapus
  3. saya udah operasi 2 kali... operasi pertama sempurna, tapi saya jatuh lagi dan akhirnya kambuh lagi...... saya oprasi untuk kedua kalinya..... mungkin bulan depan saya akan mencoba suntik

    BalasHapus
  4. benjolan ini suadh saya rasakan hampit 3 tahun, benjolan ini terasa sakit di pergelangan tangan kananmeskipun benjolan tidak terlalu besar, namun efek dari benjolan ini sangat menggangu. karena sering kali tangan terasa ngebet, pegel2 hingga tidak mampu mengangkat beban berat. saya pikir benjolan ini adalah tulang, karena teksturnya yang keras di dalam kulit. mohon tanggapannya min dan apa yang perlu saya lakukan ?

    BalasHapus
  5. Saya tgal 5 oktber 2013 bru mnjalani operasi ganglion...tpi ni kok msih ad benjolannya ya?kta dokter krna jahitanya...emang yg dlm dijahit ea??

    BalasHapus
  6. saya sudah menjalani operasi tersebut tapi kmudian badan saya mnjadi panas dingin,apkah ini salah satu efek setelh operas atau mngkn bagaimn?

    BalasHapus
  7. saya mempunyai masalah yg sama, dipergelangan tangan saya ada benjolan yg apa bila tangan di tekuk k bawah benjolan itu terlihat tapi bila di lurus tonjolan itu tidak tampak, kmren sempat hilang tapi tumbuh lagi setelah saya sering bermain bulu tangkis, ciri2nya sama dengan wacana di atas, kenyal, berdiameter 1 cm. apakah itu ganglion atau apa? thx :)

    BalasHapus
  8. nama saya rio. Ditelapak kaki sebelah kanan saya muncul semacam benjolan kecil di Cuboid. Benjolan ini sudah ada semenjak 5 tahun yang lalu, ketika saya tekan tidak ada rasa sakit dan selama ini hampir tidak pernah membesar. yang mau saya tanyakan apakah ini ganglion atau tumor tulang..? Terima kasih...

    BalasHapus
  9. nama saya hendardi.ditelapak kaki seiap hari megang sebelah kiri saya muncul semacam benjo,an kecil di bawah telapak kaki/pergelangan kaki ,benjolan ini baru saya tau padahal saya hampir tiap hari megang kaki dan melihat kaki saya saya baru sadari kitaran tahu 2013 ,di tekan tidak sakit .selama ini saya ukuran tidak ada perubahan apapun .tapi kata mama saya ,cici saya,dan koko saya itu hanya kelebihan daging.yang saya mau tanyakan yhh dokter apakah saya terkena ganglion ?dan gimana cara mengatasinya? TOLONG DI JAWAB/DI BALAS PLISS SAYA TAKUT BENER NIHH TIAP HARI SAYA TANYA APAKAH SAYA AKAN MATI HARI INI MAKANYA DOK PLISS JAWAB APAKAH SAYA KENA PENYAKIT GANG LION?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tulisan ini saya dapat dari yahoo group, coba cari dan ikuti. Disana banyak komunitas yang secara detail membahas topik yang berkaitan misalnya kesehatan,keuangan,dan lain sebagainya.semoga bermanfaat.

      Hapus
  10. Apa ada efek samping ,setelah operasi pengangkatan ganglion

    BalasHapus
  11. Saya Kartina Pandiangan, saya sudah menderita Ganglion hampir dua tahun. Ganglion ini mucul setelah saya di suntuk di bagian pergelangan tangan saya. Pada saat itu, suntik itu berdarah dan sampai ke obat, hampir 15 menit. Setelah kejadian itu, 3 bulan kemudia muncul Ganglion dengan berdiameter 1 cm. Saya merasa tidak nyaman, akhirnya bulan depannya saya operasi. hitungan 3 bulan, Ganglion itu muncul lagi.
    Efek yang saya rasakan ketika selesai operasi; tangan saya lebih cepat pegal, dan tidak boleh mengangkat yang berat atau ringan terlalu lama.
    Saat ini saya mau melakukan operasi ke-2 kalinya. Mudah-mudahan sembuh dan tidak ada, akar dan anak Ganglion yang tertinggal di sendi saya, karena Ganglion yang saya derita 3 kali pecah karena terbentur kuat.
    Trims.
    GBU.

    BalasHapus
  12. Saya Kartina Pandiangan, saya sudah menderita Ganglion hampir dua tahun. Ganglion ini mucul setelah saya di suntuk di bagian pergelangan tangan saya. Pada saat itu, suntik itu berdarah dan sampai ke obat, hampir 15 menit. Setelah kejadian itu, 3 bulan kemudia muncul Ganglion dengan berdiameter 1 cm. Saya merasa tidak nyaman, akhirnya bulan depannya saya operasi. hitungan 3 bulan, Ganglion itu muncul lagi.
    Efek yang saya rasakan ketika selesai operasi; tangan saya lebih cepat pegal, dan tidak boleh mengangkat yang berat atau ringan terlalu lama.
    Saat ini saya mau melakukan operasi ke-2 kalinya. Mudah-mudahan sembuh dan tidak ada, akar dan anak Ganglion yang tertinggal di sendi saya, karena Ganglion yang saya derita 3 kali pecah karena terbentur kuat.
    Trims.
    GBU.

    BalasHapus
  13. sya 18 thun,dan bbrp bulan ini sy mrsa ad benjolan d pergelangan tangan dan agk keras, tp tidak begitu besar,apa kira2 ini bsa sembuh ? stlh sya bc artikel ternyta sya menglmi ganglion,apakah ad cra scr alami untk mengatasinya?

    BalasHapus
  14. sya 18 thun,dan bbrp bulan ini sy mrsa ad benjolan d pergelangan tangan dan agk keras, tp tidak begitu besar,apa kira2 ini bsa sembuh ? stlh sya bc artikel ternyta sya menglmi ganglion,apakah ad cra scr alami untk mengatasinya?

    BalasHapus
  15. Di pergelangan tangam saya juga mncul bnjolan.. mulanya saya tdk mrskan apa2.. namun bbrpa blan trkhir sya mraskan nyeri skli pada daerah bnjolan tsb hngga trkdang smpai jari jmari kaku tak bsa di gerakkan.
    Setelah sya priksakan trnyta kata dokter sya trkena ganglion. Dan dkter mnganjurkan sya u/ operasi.
    Yg mw sya tnykan, apakah ini bisa di sembuhkan tnpa hrus di operasi?

    BalasHapus
  16. Di pergelangan tangam saya juga mncul bnjolan.. mulanya saya tdk mrskan apa2.. namun bbrpa blan trkhir sya mraskan nyeri skli pada daerah bnjolan tsb hngga trkdang smpai jari jmari kaku tak bsa di gerakkan.
    Setelah sya priksakan trnyta kata dokter sya trkena ganglion. Dan dkter mnganjurkan sya u/ operasi.
    Yg mw sya tnykan, apakah ini bisa di sembuhkan tnpa hrus di operasi?

    BalasHapus